4 Cara Mengetahui Mana Batik Tulis

Para pecinta batik pasti tau bagaimana cara membedakan mana batik tulis asli dan mana batik tulis yang sudah dikombinasikan. Namun bagi para awam akan kesulitan membedakan mana batik tulis dan mana batik print. Karena dari segi kualitas dan harga keduanya terpaut relatif jauh. Sehingga pentig bagi kita untuk mengetahui cara membedakan mana batik yang benar – benar tulis dan mana yang print. Kami bagikan tiga tips memilih batik tulis.

  1. Tekstur Selain dari corak dan motif,

Yang pertama, tekstur pada kain batik bisa saja menjadi indikator lainnya. Batik tulis kecenderungannya akan timbul ketika diraba. Dan untuk  pembuatannya juga akan membuat motifnya tembus hingga ke sisi balik kain.

  1. Bau kain batik

Berikutnya, bau kain batik ternyata bisa juga menjadi salah satu indikator. Batik tulis kecenderungannya akan masih memiliki bau malam (lilin) yang menyengat. Bau itulah yang tidak kita temukan pada kain batik cetak. Hanya saja, nantinya bau tersebut akan hilang pada saat kain batik sudah melalui proses dry cleaning. Sementara apabila hanya diangin-anginkan saja / dicuci dengan bahan alami seperti lerak, bau tersebut nampaknya akan tetap ada.

  1. Batik print akan terlihat sempurna

Jika melihat sekilas pasti kita akan sulit ketika membedakan batik tulis dan cetak. Namun, kalau dilihat lebih dekat, kita akan bisa melihat ciri khas kerajinan buatan tangan dari manusia (handmade) atau dengan menggunakan mesin. Seorang desainer bernama Denny Wirawan yang juga mengolah kain batik Kudus mengungkapkan bahwa jika kain batik yang terlalu sempurna patut dicurigai sebagai batik printing.  Ini  bukan berarti batik tulis tidak sempurna ya. Akan tetapi, batik tulis yang menurutnya sempurna biasanya merupakan kain batik dari warisan leluhur. Adanya semburat atau titik-titik malam yang berada di luar ari pola juga bisa menjadi salah satu tanda kain batik tulis. Pengrajin batik Kudus, Ummu Asiyati juga mengatakan jika pada batik tulis hampir selalu ada pecahan malam yang tertinggal. Begitu pula dengan batik cap. Meskipuni mempunyai pola yang sama, namun tekanan yang diberikan cap itu bisa saja berbeda-beda. Pengrajin juga bisa saja mencurangi dengan tidak membuat pola yang berulang, namun cenderungnya sembarang.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *