5 Jurus Penangkal Malware “Gadis Mabuk” di Facebook

38 views

malware gadis mabuk

Beberapa minggu ini para pengguna Facebook dibikin malu dengan munculnya sebuah video yang kemudian dikenal sebagai “gadis mabuk” , yang dapat meng-update otomatis status akun pengguna facebook yang terkena “hack”.

Keberadaan “gadis mabuk” sontak menghebohkan jagat facebook. Bagaimana sih sebenarnya fenomena gadis mabuk ini bisa menjalar, dan bagaimana mengatasinya ?.

Program jahat (malware) “gadis mabuk” telah beredar di Facebook sejak awal Desember 2014 lalu. Malware ini membuat jebakan berbentuk video dengan preview gambar video yang menunjukkan sebuah wanita dalam keadaan mabuk dengan pose vulgar.

Menurut pengamatan perusahaan keamanan jaringan, Vaksincom, malware ini terlihat sudah beredar di situs media sosial tersebut sejak 3 Desember 2014 lalu.

Berdasarkan data, sampai sekarang Vaksincom memprediksi paling tidak, sudah ada lebih dari 2.000 akun pengguna yang terinfeksi program jahat tersebut.

Faktor kunci yang menentukani keberhasilan dari malware ini salah satunya, menurut Alfons Tanujaya, seorang analis Vaksincom, adalah kelihaiannya menghindari penggunaan app Facebook sehingga tim keamanan tidak berdaya melakukan tindakan penghapusan malware.

Si penjahat cyber ini, menurut pengamatan Alfons, menggunakan sebuah teknik yang memanfaatkan ekstensi di Google Chrome.

Malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware “gadis mabuk” di wall Facebook.

5 Langkah penangkal malware gadis mabuk rekomendasi Vaksincom

1. Buka peramban Google Chrome.
2. Akses Chrome Extension dengan mengetik: chrome://extensions.
3. Cari ekstensi dengan nama “Atas Berita” atau ekstensi lain yang dianggap mencurigakan.
4. Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak “Konfirmasi Penghapusan”.
5. Restart Google Chrome.

Anda bisa menjalankan langkah-langkah diatas untuk penangkal serangan “gadis mabuk” . Disamping langkah diatas, Vaksincom juga merekomendasikan bagi para korban untuk segera mengganti password akun Facebook. ( sumber : Kompas )

Tags: #facebook hack #malware gadis mabuk #penangkal gadis mabuk

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.