8 Cara Terbaik Agar Android Berjalan Lebih Cepat

658 views

Sekarang ini, smartphone menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Rasanya ada yang hilang, ketika tidak ada smartphone dalam genggaman kita. Sebagaimana kita bepergian tidak membawa dompet.

Sementara itu, aplikasi android menjadi aplikasi yang sangat populer dalam masyarakat. Bagi pengguna android yang setiap hari mengandalkan platform ini pada smartphone, tentunya sangat menunjang berbagai aktifitas keseharian. Maka, kenyamanan dan kelancaran pada saat terkoneksi dengan smartphone Android menjadi keniscayaan.

Tak jarang kita jumpai smartphone android lemot, dan lambat merespon perintah, sehingga hal ini mengganggu kenyamanan pengguna.

Lalu, bagaimana agar smartphone berjalan cepat, dan lancar tanpa ada lag. Berikut ini kami rekemondasikan lima cara terbaik agar android lebih cepat :

1. Pastikan Anda menggunakan Android Versi Terbaru

Pastikan Anda selalu meng-update aplikasi android yang terbaru, agar kinerja android maksimal. Ini adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memastikan samrtphone Android berjalan lancar tanpa kendala berarti. Karena, dengan melakukan update juga kita akan mendapatkan fitur tambahan yang belum ada pada versi sebelumnya, sehingga android bisa berjalan lebih baik dan halus.

hp android lambat

2. Optimalkan Home Screen dan menghapus aplikasi yang tidak terpakai

Homescreen adalah tampilan pertama atau halaman pertama saat kita membuka smartphone, ketika Anda mulai menggunakan perangkat Android Anda, banyak orang ingin menambahkan cara pintas wallpaper atau app yang hidup dan banyak widget dalam homescreen dan banyak aplikasi yang tidak terpakai, yang justru hal ini akan membuat androi lambat atau lemot merespon perintah.

Maka sebaiknya, jangan menggunakan Live Wallpaper pada home screen, dan hanya menggunakan aplikasi android yang benar-benar Anda butuhkan. Jika ada aplikasi yang jarang Anda pakai, maka sebaiknya dihapus saja, karena itu akan membuat kinerja android menurun.

3. Hapus cache Data aplikasi untuk membuat Android lebih cepat

Ketika menginstal aplikasi pada perangkat Android Anda. Dan kita menggunakan aplikasi itu sehari-hari, maka setelah aplikasi itu berjalan akan meninggalkan cache, atau file sampah. File sampah ini akan memakan banyak ruang dalam memori smartphone, sehingga pada akhirnya akan mengganggu kinerja android itu sendiri. Dengan membersihkan cached secara teratur, hal ini akan dapat mempertahankan kinerja Smartphone.

4. Non Aktifkan Auto-sync untuk mempercepat android

Kita seringkali membuat account di banyak situs dengan menggunakan Email, Whatsapp, aplikasi Facebook dan mengaturnya ke auto-sync yang secara otomatis mulai sinkronisasi di latar belakang untuk banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi Internet untuk melakukan sinkronisasi dalam interval waktu tertentu.

Maka sebaiknya kita mematikan atau menon-aktifkan fitur auto sync / sinkronisasi otomatis ini, agar android berjalan lebih cepat.

5. MelakukanFactory Reset untuk membuat Android lebih cepat

Factory Reset adalah proses yang membuat smartphone Anda benar-benar kosong layaknya Anda membeli android baru yang dibungkus dalam plastik, dan masih dalam box, tetapi hanya secara internal sebagai perangkat lunak atau aplikasi.

Factory Reset juga akan membuat android lebih cepat untuk bekerja tidak hanya cepat tetapi itu mulai beroperasi seperti smartphone android baru, ketika Anda sudah menggunakan smartphone secara rutin selama  2-3 bulan Anda akan melihat bahwa smartphone android Anda mulai bekerja perlahan-lahan atau kinerjanya semakin lambat.

Sebelum melakukan factory reset sebaiknya Anda membuat “BACK UP” , atau membuat cadangan berkas-berkas yang penting seperti : kontak, Gambar, video, presentasi, aplikasi, dan Data pribadi Anda, Email, account dan banyak lagi.

6. Lakukan Reboot Smartphone 3 kali sehari

Untuk mempertahankan kinerja smartphone Android sebaiknya Anda melakukan reboot pada smartphone paling tidak tiga kali sehari. Setelah reboot biasanya, smartphone android lebih cepat dan enteng.

7. Tutup semua tab pada browser setelah selesai berselancar di internet

Pada saat Anda telah selesai berselancar internet dengan aplikasi chrome atau lainnya, maka sebaiknya Anda menutup semua tab yang terbuka. Jika dibiarkan terbuka maka browser akan tetap bekerja secara tersembunyi, dan ini tentu akan sangat menguras CPU smartphone.

8. Sesudah menjalankan Aplikasi yang berat bersihkan memori

Ketika selesai menggunakan aplikasi yang berat, atau memakan banyak ruang memori, sebaiknya Anda periksa ruang simpan pada smartphone atau pergi ke Aplication Manager untuk melihat penggunaan memori internal dari aplikasi tersebut. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan pembersihan ruang simpan tersebut agar tetap lega, sehingga android tetap bisa berjalan cepat.

Demikian panduan tentang bagaimana agar smartphone android berjalan lebih cepat. Semoga bisa membantu Anda yang saat ini sedang mengalami masalah dengan hp android yang lemot, lelet, dan lambat merespon perintah.

Tags: #Agar Android Berjalan Lebih Cepat #android lambat #Android lemot

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.