5 hal yang wajib dihindari pengguna smartphone android

429 views

smartphone android terbaru

Memiliki smartphone android terbaru selalu saja menjadi hal yang menyenangkan buat para pecinta gadget. Namun, tak sekedar bisa membeli gadget saja tentunya, Anda pun harus pintar merawatnya agar bisa bertahan lama dan tetap mulus.

Tak jarang kita jumpai pengguna smartphone android yang sering bertindak ceroboh, tidak hati-hati dan cenderung mengabaikan petunjuk penggunaan. Akibatnya smartphone android pun “menderita”.

Banyak pengguna smartphone android mengabaikan dan melakukan hal-hal yang berdampak buruk pada gadget mereka dalam jangka pendek, alias cepat rusak. Sebagian lain para pengguna smartphone android juga sering menyimpan dokumen / file yang bersifat rahasia dalam smartphone sehingga rawan diambil oleh pihak lain.

Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka sebaiknya para pengguna smartphone android memperhatikan 5 hal yang membahayakan kalau dilakukan saat menggunakan smartphone android, sebagai berikut

Pertama, jangan menyimpan semua dokumen pada penyedia online

Menyimpan data pada penyedia simpanan cloud seperti : Dropbox, Google Drive, One Drive, dll merupakan cara termudah untuk menghemat pemakaian memori.

Namun sebaiknya jangan semua data disimpan disana, sebagian mesti kita simpan pada smartphone. Karena bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada layanan penyimpanan cloud tersebut yang bisa berdampak buruk terhadap data-data yang kita simpan disana.

Kedua, tidak memasang screen protector atau anti gores

Meski smartphone android Anda sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass, namun disarankan untuk tetap memasang screen protector agar lebih bisa menjaga layar smartphone dari goresan akibat benturan yang berulang.

Karena meskipun sudah dilengkapi Gorilla Glass, kalau terkena benturan yang terlalu sering bisa mengakibatkan layar smartphone tergores juga.

Sebaiknya menggunakan anti gores jenis “tempered glass” yang bisa melindungi layar smartphone meski jatuh dari tempat yang tinggi.

Ketiga, install aplikasi bukan berasal dari Google Play Store

Meski diluar penyedia aplikasi resmi Google Play Store banyak berserakan aplikasi yang menarik dan bagus, namun sebisa mungkin menghindari install aplikasi yang berasal dari sumber yang tidak resmi.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari potensi bahaya yang bisa saja terjadi. Google Play dalam hal ini tentu saja telah menyeleksi dengan baik semua aplikasi yang mereka tampilkan.

Salah satu upaya untuk menjaga smartphone android Anda tetap awet adalah menginstall aplikasi dari sumber yang resmi dan terpercaya.

Keempat, tidak memakai password

Mungkin Anda berpikir tidak terlalu penting memakai password pada smartphone android. Karena smartphone Anda adalah personalisasi diri Anda, bisa saja banyak hal-hal rahasia di dalamnya yang tak boleh orang lain tahu, atau mengambilnya.

Jadi, sebaiknya Anda gunakan password untuk mengunci smartphone android Anda dari tangan-tangan orang yang tak bertanggung jawab. Ini juga langkah proteksi jika smartphone Anda jatuh ke tangan orang lain, karena hilang atau dicuri.

Kelima, mengabaikan update aplikasi dan backup data

Update aplikasi secara berkala sering diabaikan oleh para pengguna smartphone android, demikian juga dengan backup data. Bisa jadi Anda menganggap update aplikasi hanya akan menghabiskan kuota internet saja, karena Anda harus sering mendownload update tersebut.

Padahal, dengan tidak melakukan update aplikasi berarti Anda tidak melakukan pembaruan terhadap layanan atau fitur terbaru dari aplikasi yang telah dilakukan oleh pengembang untuk menyesuaikan dengan situasi yang ada.

Sementara backup data penting sebagai langkah menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sistem operasi bermasalah, atau smartphone android rusak parah. Ketika Anda melakukan backup terhadap data-data penting yang Anda miliki, maka Anda tak perlu cemas.

Demikian, 5 hal yang wajib Anda hindari agar smartphone android tetap awet, dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat.

 

Tags: #smartphone android #smartphone android terbaru

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.