Aplikasi Android ini Bikin Boros Batere Anda

115 views

Problem batere android boros merupakan fenomena yang umum. Keluhan batere android boros kerapkali ditemukan pada pengguna android. Fakta ini memang tak bisa dipungkiri. Kenapa batere android boros ?. Banyak faktor yang menyebabkan pemakaian batere android boros, diantaranya adalah banyaknya aplikasi yang berjalan berbarengan pada saat yang sama.

Dan ternyata ada aplikasi tertentu yang sangat menguras energi batere kalau dijalankan secara terus menerus. Jadi, anda harus benar-benar memperhatikan pemakaiannya untuk menghemat batere android.

Pertanyaannya, aplikasi apa sajakah yang disinyalir boros daya, yang pada akhirnya menurunkan performa smartphone android Anda ? . Beberapa waktu lalu sebuah lembaga sekuriti terkenal, yakni AVG membeberkan hasil analisisnya terhadap perangkat android yang dimiliki oleh user, dimana lebih dari sejuta  user android tersebut merupakan pengguna aplikasi sekriti AVG.

Berdasarkan hasil analisis AVG, aplikasi paling kondang Facebook berada pada posisi puncak dari deretan 1o aplikasi berbasis android yang sangat menguras batere. Tentu saja paralel dengan itu akan menurunkan kinerja perangkat secara umum.

 

Lho, apa pasalnya koq aplikasi facebook disebutkan sangat menguras daya batere ?. Alasan yang

aplikasi boros batere

mendasarinya adalah, aplikasi jejaring sosial facebook hampir tiap detik melakukan pembaruan koneksi karena selalu meng-update notifikasi yang masuk setiap saat, apalagi jika Anda termasuk orang yang rajin terhubung dengan medis sosial ini. Bahkan ketika Anda tidak sedang menggunakan aplikasi ini sekali pun.

Urutan kedua ditempati oleh Path, disusul Instagram di posisi keempat. Aplikasi chatting BlackBerry Messenger ternyata juga masuk dalam 10 besar deretan aplikasi paling rakus sumber daya.

Pada peringkat berikutnya ada apliksi jejaring sosial Path di urutan kedua, dan instagram pada urutan empat. Kedua aplikasi ini kurang lebih sama alasannya. Sementara BBM menduduki peringkat keenam.

Daftar aplikasi paling boros baterai didominasi oleh aneka judul game. Maklum saja karena mayoritas pengguna Android sangat gemar bermain game, mereka bisa menghabiskan 62 persen waktu pemakaian perangkat (tablet atau smartphone) untuk bermain game, mengacu pada hasil temuan AVG. Berikut, daftar lengkapnya :

batere android boros

Sebagian besar dari aplikasi tersebuta bisa jadi masuk dalam kategori aplikasi wajib install di perangkat gadget Android. Masalahnya kemudian adalah bagaimana caranya untuk tetap bisa menghemat pemakaian batere android, namun tetap mempertahankan pemakaian aplikasi tersebut dengan tidak membuangnya ?

AVG kemudian merekomendasikan kepada para pengguna android untuk menon-aktifkan fungsi notifikasi disamping Anda juga perlu melakukan pembatasan interval waktu untuk melakukan refresh  aplikasi yang aktif di belakang layar. Kedua hal ini bisa dijalankan dengan cara melakukan setting dari dalam aplikasi yang bersangkutan.

Selanjutnya AVG juga menyarankan  pula untuk melakukan “cleaning cache” secara teratur terhadap aplikasi yang sedang berjalan, karena adanya file sampah yang akumulatif, dan makin lama makin besar. Sebagai gambaran, ketika Anda melakukan Scrolling timeline di Facebook selama 60 detik,  menurut AVG akan berpotensi menumpukkan file cache sebesar 5MB.

 

 

Tags: #batere android #batere android boros #menghemat batere android

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.