Berwirausaha dari Nol, Mungkinkah?

236 views

Permasalahan modal untuk memulai sebuah usaha atau bisnis adalah masalah klasik. Kebanyakan orang akan berargumen dengan ketiadaan modal ketika akan memulai menjalankan usaha. Walaupun ini juga merupakan alih-alih ketakutan akan gagal dalam usahanya. Modal usaha berupa finansial memang penting, namun tanpa didukung modal semangat menjadi tidak bermakna.

Pernahkah kita berpikir untuk memulai wirausaha dengan modal nol alias modal dengkul ?. Ini wajar saja, mengingat kebanyakan masyarakat kita hidup serba pas-pasan. Sementara keinginan untuk mewujudkan sebuah ide bisnis begitu membuncah. Tak ayal, kalau tidak kuat mental dan semangat, semuanya hanya sebuah lintasan ide tanpa makna karena miskin tindakan ( action ). Padahal kalau dipikir-pikir yang namanya ide atau gagasan itu mesti direalisasikan dalam tindakan nyata untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tahukah Anda, bahwa fakta di lapangan menunjukkan cukup banyak figur yang berhasil meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan modal ala kadarnya. Mereka bisa menuai sukses meski tanpa didukung kekuatan modal finansial yang berlimpah, apalagi korupsi atau kolusi. Mereka manusia seperti kita juga, tak ada bedanya dengan kita semua. Perbedaan yang paling mendasar antara kita dan mereka adalah, karena mereka punya impian, dan semangat untuk membumikan impiannya. Mereka punya punya harapan hidup yang lebih baik dan berjuang keras mewujudkanya tanpa kenal lelah dan putus asa.

Seorang pakar motivasi pernah bertutur, ” Jika ada modal usaha yang lebih penting dari uang, berapa pun besarnya, modal itu adalah ide-ide cemerlang dan impian yang menggairahkan pemiliknya. Kebanyakan wirausaha terkemuka memulai usahanya dengan modal dengkul.”

Pada era 70-an Bill Gates rela meninggalkan bangku sekolahnya demi mewujudkan mimpi besarnya menyediakan perangkat komputer di setiap rumah pada suatu hari nanti. Dan kemudian kita sama-sama tahu Bill Gates berjaya dengan Microsoft-nya. Siapa yang pada hari ini tidak mengenal Microsoft dan Bill Gates ?.

Jadi, untuk memulai usaha dengan modal nyaris nol alias modal dengkul bisa dimulai dari ide dan gagasan yang cemerlang. Ide dan gagasan cemerlang ini bisa muncul dari hasil perenungan, pengamatan, dan pembacaan terhadap realitas sosial yang ada. Gunakan dan maksimalkan kepekaan indera yang kita miliki untuk mengolah fakta menjadi sebuah simpulan ide dan gagasan bisnis. Cara paling mudah untuk memulai sebuah usaha adalah : pertama, mulai lah dari hobi Anda. Acapkali hobi yang digeluti secara serius menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Kedua, mulai lah dari keahlian yang Anda miliki. Yakinlah, setiap kita memiliki keahlian masing-masing. Kalau kita mau mengasah keahlian kita niscaya akan mendapatkan hasil yang tidak terduga sebelumnya.

Selanjutnya, setelah mendapatkan ide bisnis, yang perlu dilakukan adalah mengkreasikan ide itu. Kreatiflah !, karena kreatifitas Anda akan menjadi pembeda bisnis yang Anda miliki dengan pesaing-pesaing Anda. Kreatifitas ini juga harus selalu berlanjut, atau istilahnya harus update agar bisnis kita up to date, megikuti zaman atau tren. Sehingga bisnis kita tetap bertahan, tidak tergerus masa.

 

 

Tags: #ide bisnis #Modal dengkul #wirausaha

Leave a reply "Berwirausaha dari Nol, Mungkinkah?"

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.
    No related post!