Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

184 views

Serangan jantung atau stroke bisa terjadi pada mereka yang memiliki tekanan darah terlalu tinggi. Paling tidak 7 dari 10 orang dewasa memiliki resiko terserang stroke. Faktor dominan yang menyebabkan resiko tersebut umumnya adalah padat aktifitas tanpa dibarengi dengan olahraga yang teratur. Selain itu, konsumsi jenis makanan cepat saji juga menjadi salah satu penyebabnya.

Namun apabila Anda telah didiagnosis terkena penyakit ini, Anda dapat menurunkannya dengan cara alami seperti cara berikut.

Lalu bagaimana jika berdasarkan hasil diagnosa, Anda sudah mengidap jenis penyakit seperti ini? . Beberapa tips berikut bisa dijadikan alternatif alamiah untuk membantu menurunkan resikonya :
Rutin berolahraga

Jika Anda rutin melakukan olahraga semisal jogging, ternyata membantu memperkuat kerja jantung, sehingga penyerapan oksigen menjadi maksimal, dan tekanan darah mengalami penurunan.

Minum Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis minuman yang banyak mengandung kalsium, ilmuwan menyebutkan kandungan kalsium dalam yoghurt membantu melenturkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancer.

Konsumsi pisang

Kandungan kalium dalam pisang berperan penting dalam mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, disamping itu juga dapat menurunkan tekanan darah. Maka sebaiknya Anda rajin mengkonsumsi pisang.

Jangan berlebihan konsumsi makanan tinggi garam

Menghindari konsumsi makanan tinggi garam adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko serangan jantung. Karena garam bisa mengakibatkan peningkatan volume serta tekanan darah pada arteri. Contoh makanan dengan kadar garam tinggi adalah : makanan cepat saji, produk olahan, serta makanan instant.

Menurunkan berat badan

Tahukah Anda bahwa berat badan yang berlebih mengakibatkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu berat badan yang berlebih juga mengakibatkan naiknya tekanan darah.

Berhenti merokok

Jantung akan berdetak lebih kencang dan bekerja lebih keras disebabkan oleh produksi adrenalin akibat konsumsi nikotin dalama rokok. Karena, kandungan nikotin dalam rokok mampu merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin.

Jangan banyak kerja lembur

Para pekerja yang sering lemburĀ  berpotensi mengalami tekanan darah tinggi mencapai 29 %, bila dibandingkan dengan para pekerja yang memiliki waktu kerja teratur. Karena banyak kerja lembur mengakibatkan tidak waktu untuk rileks, dan berolahraga.

Hindarkan mendengkur waktu tidur

Mereka yang sering mendengkur waktu tidur merupakan indikasi terkena sleeping apnea. Yaitu, salah satu penyebab timbulnya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hindari konsumsi kafein

Konsumsi kafein berlebih dapat memicu kenaikan tekanan darah. Peneliti dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat menyebutkan bahwa, konsumsi 3 cangkir kopiĀ  atau setara dengan 500 mg bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Berbagai macam penyakit berbahaya yang lain dapat muncul karena diawali dengan adanya penyakit tekanan darah tinggi. Karenanya, sebelum muncul penyakit kronis yang lainnya sebaiknya Anda lebih dini mencegahnya secara alami sebagaimana dipaparkan diatas.

Tags: #cara alami #Tekanan darah tinggi

Leave a reply "Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi"

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.