Cara Melacak HP Android yang Hilang, Langkah Antisipasi

98 views

Cara Melacak HP Android yang Hilang – Setiap orang tentu saja tak menginginkan HP Android kesayangannya hilang, apalagi dicuri orang. Namun, namanya musibah tak ada yang tahu. Sewaktu-waktu bisa terjadi, dan tanpa kita duga. Kehilangan barang semacam HP android, apalagi yang harganya tidak murah alias mahal tentu menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Tapi, kalau pun ini terjadi, harusnya kita masih bisa berbuat sesuatu, seperti melacak keberadaannya sehingga kita bisa menemukannya kembali, atau paling tidak kita bisa mengunci smartphone tersebut.

Pada prinsipnya hampir semua sistem operasi memiliki pengaturan pelacakan keberadaan sebuah smartphone. Namun demikian, tidak semua pengguna smartphone mengetahui prosedur dan pengaturannya.

hp android hilang

Nah, bagaimana cara melacak HP Android yang hilang ?. Ada langkah preventif yang seharusnya dilakukan sebelum terjadi/ kejadian smartphone android Anda hilang. Sebaiknya langkah ini mesti Anda lakukan sesaat setelah membeli smartphone android yang baru. Langkah sederhana, tapi akan sangat berguna saat dibutuhkan.

Berikut langkah pengaturannya :

  1. Masuk ke menu Setting
  2. Pilih Security/ Keamanan 
  3. Pilih Device Administrator / administrasi perangkat 
  4. Silahkan pilih Android device manager / pengelola perangkat android 
  5. Kemudian tekan activate / aktifkan.

Setelah Anda melakukan pengaturan seperti diatas, maka HP Android Anda sudah memiliki sistem pelacakan yang terintegrasi dengan akun google yang terpasang pada HP android tersebut. Anda, mesti mencatat dan mengingat dengan baik akun google yang terkait dengan HP Android tersebut, dalam hal ini : user name, dan password. Karena, akun Google Anda lah yang dibutuhkan pada saatnya nanti untuk pelacakan.

Tentu saja, tanpa sebelumnya Anda mengaktifkan pengaturan seperti diatas pada smartphone android yang Anda miliki, maka pada saat smartphone Anda hilang tidak akan bisa dilacak.

Bagaimana cara melacak HP Android yang hilang, kalau sebelumnya sudah dilakukan pengaturan pada Android Device Manager, seperti tersebut diatas ?. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Lakukan pelacakan, melalui PC atau laptop, atau smartphone android lain.

2. Masuk ke Google Play Store : https://play.google.com/store

3. Lihat pada pojok kanan atas, ada ikon “roda gerigi”, klik dan pilih “Android Device Manager” / Pengelola Perangkat Android . lihat gambar dibawah ini :

melacak HP androidSetelah itu, maka otomatis browser akan melacak ke posisi smartphone Anda saat itu secara detail, dan kapan terakhir kali online. Anda juga diberikan 3 pilihan sebagai berikut :

  1. Ring the device (Deringkan). Akan menimbulkan efek bunyi dering pada smartphone atau tablet Anda selama 5 menit.
  2. Lock the device (Kunci Perangkat). Akan mengakibatkan penguncian perangkat android anda sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain.
  3. Erase all Data (Hapus Semua Data). Akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat android Anda akan terhapus, termasuk gambar, musik, file dan lain sebagainya.
Namun harus juga dipahami bahwa, meskipun perangkat dapat dilacak walaupun GPS dalam keadaan tidak aktif, tapi smartphone tersebut tetap harus dalam kondisi terkoneksi ke internet.

Tags: #Cara Melacak HP Android yang Hilang #melacak HP Android

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.