Cara Melakukan Video Call pada WhatsApp

137 views

Ada kabar gembira buat Anda pengguna WhatsApp, karena per 16 November 2016 mereka sudah bisa menikmati fitur terbaru dari aplikasi chatting yang sangat popular ini, dimana  aplikasi WhatsApp kini sudah dilengkapi dengan fitur panggilan video (video call), baik untuk pengguna Android,atau pun iOS.

Bagaimana cara melakukan panggilan video (video call) di WhatsApp. Pastikan Anda dan kontak sudah melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru.,. Karena tidak ada pembaruan pada keduanya ( Anda dan kontak ),maka  WhatsApp akan memunculkan notifikasi atau pesan error yang memberitahukan bahwa kontak belum memperbarui aplikasi.

Bagi Anda pengguna iOS sudah mendapatkan pembaruan WhatsApp versi 2.16.17 yang memiliki fitur baru video call tersebut. Sementara bagi Anda pengguna Android bisa menemukan fitur panggilan video dengan melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi 2.16.352.

cara video call di wa

Setelah pembaruan aplikasi WhatsApp sukses, Anda bisa melakukan panggilan video dengan cara, pilih kontak yang diinginkan untuk video call dari daftar kontak yang dimiliki. Setelah itu, di layar percakapan dengan kontak, akan ditampilkan menu untuk melakukan video call atau voice call di pojok kanan atas.

Tampilan desain panggilan video WhatsApp pada versi Android dan iOS memang tidak sama persis, ada sedikit perbedaan. Namun demikian, tampilan pada keduanya terlihat sama-sama sederhana.

Pada versi Android, Anda bisa menggunakan ikon telepon yang tersedia di bagian pojok kanan atas, tekan tombol panggilan untuk bisa melakukan panggilan ke kontak yang sudah dipilih. Maka secara otomatis Anda akan dialihkan pada  pilihan Voice Call dan Video Call. Selanjutnya, pengguna tinggal menekan Video Call.

Sementara, untuk versi iOS, ada dua ikon yang tersedia di pojok kanan atas nama kontak. Ikon pertama menampilkan gambar video, sedangkan ikon kedua merupakan gambar gagang telepon. Untuk melakukan panggilan video, tekan saja ikon video tersebut. Sementara ikon gagang telepon dipakai untuk melakukan voice call.

Berikut ini kami jelaskan secara singkat, langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa menikmati fitur video call pada WhatsApp.

  • Lakukan pembaruan WhatsApp ke versi terbaru di Android dan iOS
  • Pilih kontak yang hendak kita ajak video call dari daftar
  • Tekan tombol video call/voice call di pojok kanan atas
  • Bagi pengguna Android, menu baru akan muncul untuk memilih voice call atau video call
  • Perlu diketahui bahwa, panggilan video ini  tidak bisa dilakukan untuk percakapan di grup WA. Selain itu, video call WhatsApp juga tidak mendukung percakapan dengan lebih dari dua orang, atau conference call sebagaiman yang bisa dilakukan kalua kita menggunaka aplikasi Skype, yang sangat familiar itu.

Menurut kami, fitur terbaru WhatsApp ini mampu menampilkan gambar dan suara dari panggilan video call WhatsApp dengan cukup baik. Namun demikian, kualitas koneksi juga sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar dan suara yang dihasilkan pada panggilan video ini.

Panggilan video atau video call sendiri merupakan fitur yang paling dinanti oleh para pengguna WhatsApp. Sebagaimana diungkapkan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, yang merupakan induk perusahaan WhatsApp.

Kehadiran video call di WhatsApp sendiri tentu akan semakin menambah persaingan dengan aplikasi chatting yang memiliki kemampuan serupa, yang terlebih dahulu eksis seperti Google Duo dan Skype. Disamping itu, masih ada Aplikasi chatting lain, semisal Line dan WeChat, juga sudah dilengkapi fitur seperti ini.

Aplikasi WhatsApp versi baru untuk iOS bisa diunduh, Bagi pengguna iOS silahkan menuju App Store melalui tautan berikut. Sementara itu, untuk Anda pengguna Android bisa mengunduh di Google Play Store atau melalui tautan yang satu ini.

Tags: #aplikasi video call #fitur terbaru whatsapp #pangilan video lewat WA

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.