Cara Mengatasi Android Lemot

872 views

Cara mengatasi android lemot merupakan topik yang tak pernah habis untuk dikupas. Sebagai sebuah sistem operasi, Android saat ini benar-benar mendominasi pasar gadget dunia. Boleh dibilang, siapa sih hari ini yang tak kenal Android. Aplikasi canggih yang ditawarkan ponsel berbasis Android memang sangat memanjakan penggunanya. Fitur yang user friendly, kaya aplikasi dan masih banyak lagi keunggulan Android. Sejauh ini Android mampu memberikan kepuasan bagi para penggunanya, walaupun tentu saja masih basih banyak keluhan dari pengguna, seperti Android lemot.

Android lemot boleh dikatakan masalah klasik bagi pengguna android. Pasalnya, problem sejenis juga seringkali muncul pada gadget yang berbasis sistem operasi lainnya. Problem Android lemot berbanding lurus dengan lama pemakaian. Lamanya pemakaian gadget akan berdampak pada penurunan kinerja sistem operasi itu sendiri. Ini tak bisa dihindari. Salah satu tanda bahwa android mengalami penurunan kinerja adalah, respon yang lambat terhadap perintah, kemudian orang menyebut Android lemot atau lelet.

cara mengatasi android lemot

Cara mengatasi android lemot

Bagaimana cara mengatasi android lemot/ android lelet ?. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan android lemot yang kerap menimpa smartphone android.

Pertama : Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Buat apa pasang aplikasi banyak-banyak pada smartphone android kalau jarang dipakai ?. Ini malah membebani kinerja android saja. Jadi, lebih baik pasang aplikasi seperlunya sesuai kebutuhan kita. Hapuslah aplikasi yang memang jarang digunakan, karena bisa membantu menjaga performa android tetap oke setiap saat. Anda mesti bijak memilih aplikasi, jangan asal install banyak.

Kedua : Hindari pemakaian Live Wallpaper

Harus diakui, wallpaper atau live wallpaper akan menambah penampilan home screen smartphone android terlihat keren dan lebih hidup. Tapi jangan salah, pemakaian wallpaper juga sangat menguras energi sistem operasi android itu sendiri. Akibatnya bisa ditebak, lambat laun kinerja android akan mengalami penurunan, alias lemot.

Ketiga : Batasi penggunaan widget

Widget adalah semacam short cut atau ikon yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan sebuah aplikasi dari home screen. namun penggunaan widget yang berlebihan juga mempengaruhi kinerja Android. Jadi sebaiknya tidak terlalu banyak membuat widget, yang tidak hanya akan memenuhi tampilan home screen smartphone android, tapi juga menjadikan android lemot.

Keempat : Non-aktifkan animasi

Cara paling mudah untuk mengetahui kalau Android mulai lemot adalah lambatnya  perpindahan antar menu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat adalah, matikan animasi perpindahan menu. Untuk melakukannya, pergi ke menu setting – Developer Options lalu seting off pada pilihan animasi yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale.

Kelima : Pakailah Micro SD berkecapatan tinggi

Micro SD berkecepatan tinggi menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja Android. Ya, micro SD kelas 6 atau kelas 10 akan lebih cepat merespon perintah penulisan pada memori, sehingga lebih cepat juga dalam mengeksekusi perintah atau perpindahan menu.

Cara mengatasi android lemot diatas semoga bisa sedikit membantu para pengguna android agar tetap bisa menikmati kenyamanan dan kecanggihan smartphone android.

 

Tags: #android lelet #Android lemot #Cara mengatasi android lemot

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.