10 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dalam Hitungan Menit

288 views

Cara mengatasi HP lemot sebenanya bukanlah merupakan pekerjaan yang susah, apalagi merepotkan. Hanya memang dibutuhkan ketelatenan, kesabaran, dan tentu saja panduan cara mengatasi hp android lemot yang sesuai dengan kebutuhan smartphone Anda.

Masing-masing HP Android tentu memiliki problem yang berbeda satu dengan lainnya. Begitu juga saat hp lemot.

Kenapa HP Android lemot ?

Inilah yang sebenarnya harus dicari jawabnya dulu, untuk mendapatkan solusi yang pas guna mengatasi masalahnya. Dengan demikian, Anda bisa menemukan solusihp lemot yang bisa diandalkan.

Cara mengatasi Android lemot

Beberapa solusi dan cara yang bisa ditawarkan guna mengatasi HP Android lemot di antaranya adalah :

  1. Tutup aplikasi yang berjalan di belakang layar

Tanpa kita sadari, ketika kita menggunakan HP Android dalam jangka waktu yang lama, banyak aplikasi yang terbuka dan berjalan di belakang layar.

Akibatnya, kinerja hp android menurun karena banyaknya aplikasi yang harus berjalan secara bersama dalam waktu yang sama.

Inilah yang kemudian menjadikan kinerja hp android mengalami penurunan secara signifikan.  Dan juga merupakan penyebab HP Android lemot.

Maka sebaiknya Anda rajin memeriksa aplikasi apa saja yang berjalan di belakang layar, dan sekiranya tidak dibutuhkan saat itu,  agar hp tidak lemot tutup saja aplikasinya.

  1. Non Aktifkan update aplikasi otomatis ( auto update )

Secara default dari pabriknya, fitur ini akan selalu aktif berjalan manakala ada update sebuah aplikasi, dan hal ini tentu saja akan memberatkan kinerja smartphone android Anda.

Jadi, sebaiknya fitur ini Anda atur supaya tidak otomatis melakukan update aplikasi. Anda bisa melakukan update pada saat yang ideal, misalkan berada di jaringan Wifi, dsb.

Cara Mengatasi HP Lemot

  1. Migrasikan Aplikasi ke Memori Eksternal

Cara lain untuk mengatasi hp android yang lemot adalah, pindahkan aplikasi ke memori eksternal.

Biasanya hp android yang banyak beredar di pasaran, dan terjangkau kalangan menengah ke bawah memiliki memori internal yang tidak terlalu besar.

Sehingga kalau install banyak aplikasi tentu saja akan menurunkan kinerja hp android, hp pun semakin lemot.

Maka,solusi untuk mengatasi hp lemot adalah dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal.

  1. Kurangi pemakaian widget yang tak perlu

Adanya widget pada satu sisi sebenarnya sangat membantu buat pemakai hp android. Namun, sisi lainnya berdampak kurang bagus terhadap performa hp android Anda.

HP Android lemot pun seringkali tak terhindarkan.

Jadi, hindari pemakaian widget yang berlebihan, dan tak banyak membantu aktifitas harian Anda. Ini lebih baik, sebagai solusi mengatasi hp android lemot yang sering terjadi.

  1. Jangan gunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper memang akan membuat tampilan hp android Anda menjadi berbeda, lebih hidup, dan tentu saja lebih menarik.

Namun, buat apa tampilan menari kalau ternyata itu akan membuat hp android lemot ?.

Coba pikirkan ulang untuk memasang Live Wallpaper.

Membuang aplikasi Live Wallpaper tentu saja langkah bijak, untuk mengatasi masalah HP Android lemot yang bisa mengancam kapan saja.

  1. Lakukan Restart

HP Android makin lemot, dan lambat.

Anda bisa cob acara mudah dan cepat untuk mengatasi android lemot, dengan cara melakukan Restart Android.

Lakukan saja Restart Android, setelahnya Anda akan merasakan perbedaan yang signifikan,lebih ringan, dan lebih cepat…wuzzz

Cara mengatasi HP lemot

 

  1. Sering Bersihkan Cached atau File sampah

Saat kita menjalankan sebuah aplikasi, maka akan meninggalkan banyak cached / file sampah yang menumpuk di ruang penyimpanan internal.

Hal ini akan mempengaruhi kinerja smartphone, sehingga hp android makin lemot.

Jadi, lakukan bersih-bersih file sampah secara teratur agar memori internal tidak bertambah penuh dengan cached files.

  1. Jangan jalankan banyak aplikasi secara bersamaan

Menjalankan banyak aplikasi bersamaan dapat mengakibatkan terganggunya proses loading. Loading pun menjadi lebih lama, karena beratnya aplikasi yang harus dijalankan. Ini akan memberatkan kerja processor.

Solusi terbaiknya adalah,ketika sudah selesai menjalankan aplikasi sebaiknya langsung ditutup.

Usahakan, jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan, karena hal ini akan membuat hp android lemot tak terhindarkan.

  1. Update aplikasi terbaru

Biasanya update sebuah aplikasi akan memecahkan problem dalam aplikasi itu sendiri. Update dilakukan untuk mengatasi problem yang ada pada aplikasi tersebut, misalnya : lambat, atau sering error.

Jadi,ketika ada permintaan update sebuah aplikasi, maka sebaiknya kita lakukan pembaruan pada aplikasi tersebut, jangan menunda.

  1. Reset Data Factory

Langkah ini sebaiknya Anda lakukan untuk mengembalikan Android dalam kondisi lebih “fresh” dan kembali pada setelan awal. Karena bisa jadi gadget Android Anda terlampau banyak menginstall aplikasi yang sebenarnya Anda jarang pakai juga.

pilihan terakhir yang bisa anda coba jika Sembilan langkah dan cara sebagaimana dijelaskan diatas belum juga mampu mengatasi hp android lemot.

Reset Ulang atau Factory Reset berarti akan mengembalikan android dalam keadaan sebagaimana awal beli baru. Seluruh aplikasi yang sudah anda install akan lenyap dan hanya menyisakan aplikasi bawaan pabrik saja.

Cara mengatasi HP lemot yang kami jelaskan di atas bisa Anda coba dan pilih, mana yang cocok dengan smartphone yang Anda miliki. Semoga bisa membantu.

Tags: #Agar Hp Tidak Lemot #Cara Supaya Hp Tidak Lemot #HP Android lemot #Mengatasi Hp Lemot

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.