Cara Mengembalikan File, Foto, dan Data yang Terhapus di Android

438 views

Cara Mengembalikan File, Foto, dan Data yang Terhapus di Android – Eksistensi smartphone android sekarang ini tak hanya untuk sms, telpon, dan internet saja.

Realitanya, mayoritas pengguna memanfaatkan smartphone untuk menyimpan berbagai file, dan data-data penting didalamnya.

Utamanya, pengguna yang menggunakan smartphone yang memiliki media penyimpanan cukup besar.

Sementara, kita pahami bersama bahwa kemungkinan file dan data-data penting yang tersimpan di android terhapus, disebabkan oleh factor kelalaian dan sebagainya, sangat terbuka.

Dan, siapa pun dapat mengalami kejadian hilangnya file dan dokumen penting seperti ; foto, video, musik atau pun data-data penting lainnya yang terdapat dalam smartphone android.

File-file penting dapat terhapus kapan saja, entah karena sengaja atau tidak.

Hilangnya file dan dokumen penting yang tersimpan di smartphone android, sudah pasti merupakan hal yang tak diinginkan bagi siapa pun. Kehilangan data-data penting ibarat seperti kehilangan uang, nyaris sama.

Namun, terkadang hal ini tak bisa dihindari. Hal tak terduga bisa menimpa siapa pun, dan bisa terjadi kapan saja, tanpa pandang bulu.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi dengan sebaik-baiknya, agar tidak mengalami kejadian kehilangan dokumen penting yang tersimpan di HP.

Bagaimana cara mengembalikan file,foto,dan data penting yang terhapus di hp android seperti semula.

Sebenarnya Anda tak perlu khawatir dengan file,foto yang terhapus di android, karena ternyata banyak cara yang bisa diupayakan untuk mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus tersebut, sehingga Anda bisa kembali happy.

Sebelumnya Anda perlu tahu, berbagai persoalan yang terkait dengan hal-hal yang menyebabkan file, foto, dan data-data di android bisa terhapus.

Beberapa alasan berikut ini merupakan penyebab umum :

  • Ada unsur kesengajaan, menghapus pesan, kontak, foto dan data-data dari Android
  • Data terhapus akibat melakukan pengaturan Android ke pengaturan pabrik.
  • Data-data hilang setelah proses rooting perangkat Android.
  • Flashing ROM pada perangkat Android
  • Kerusakan pada perangkat sehingga tidak dapat mengakses data pada Android.

Bagaimana cara mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di Android?

Untuk itu Anda bisa mengikutinya secara detail panduan cara mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di android untuk bisa mengembalikannya sebagaimana semula.

Sebenarnya ada beberapa alternatif cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengembalikan semua, dan atau sebagian file yang terhapus tersebut, yang tentu saja file tersebut sangat berarti untuk Anda.

Kami akan menjelaskan dua cara yang berbeda sebagai panduan agar bisa  memulihkan file yang telah dihapus misalnya : pesan SMS, kontak, foto, video, serta data penting lainnya dari perangkat Android Anda.

Langsung saja, mungkin Anda sudah  tidak sabar lagi ingin segera tahu cara mengembalikan file, foto, dan data penting yang terhapus di android.

Kita bahas satu-satu ya, biar lambat yang penting tahapannya jelas, dan mudah untuk diikuti :

Cara mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di Android pada perangkat Android yang belum di-root

Sebenarnya, lebih mudah untuk mengembalikan file yang terhapus di Android dengan cara root hp android terlebih dulu.

Namun, jika langkah root android dianggap terlalu rumit, dan karena ada resiko kehilangan garansi, maka Anda masih bisa mengembalikan file, foto, dan data penting lainnya dengan cara tanpa root hp android.

Cara mengembalikan file, foto, dan data penting lainnya yang terhapus di android dengan tanpa root dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Gunakan Aplikasi Recuva

Cara mengembalikan file yang terhapus di android tanpa root dapat dilakukan dengan bantuan sebuah aplikasi yang disebut Recuva, sebuah aplikasi buatan Piriform yang keren, yang juga terkenal dengan aplikasi buatannya yaitu CCleaner.

cara mengembalikan file,foto, data terhapus di android

Recuva sangat bisa diandalkan untuk membantu kesulitan Anda yang tengah menghadapi masalah dengan hilangnya file, foto, dan data-data penting yang terhapus di android, baik sengaja maupun tidak sengaja menghapusnya.

Panduan mengembalikan file terhapus dengan aplikasi Recuva adalah sebagai berikut :

Dalam hal ini Anda memerlukan bantuan sebuah PC atau laptop. Pastikan Anda juga telah meng-install program Recuva di PC Windows, dan berjalan dengan baik.

Jika belum ter-install, silahkan download dulu aplikasinya Disini

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langah-langkah berikut dengan baik :

  • Pastikan Android Anda terhubung ke PC dengan kabel USB atau Card reader.
  • Tunggu sesaat sampai memori Android terdeteksi, lalu buka aplikasi Recuva.
  • Pilih jenis file yang ingin dikembalikan, Anda bisa pilih All files jika ingin semua jenis file yang ada di SD Card kembali.
  • Pilih di drive sesuai tempat dimana lokasi file yang ingin dikembalikan. Atau Anda bisa pilih “In a specific location” jika ingin memilih lokasi memori. Pilih “I’m Not Sure” jika lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
  • Klik centang pada “Enable Deep Scan” jika Anda ingin pencarian file yang lebih mendalam.
  • Selanjutnya, Klik Start guna memulai pencarian file yang terhapus. Kemudian, Anda tinggal menunggu sampai file yang terhapus di android ditemukan.
  • Jika Recuva telah berhasil menemukan file yang terhapus , maka selanjutnya Anda cukup klik centang pada file tersebut, lalu klik kanan dan pilih menu “Recover Checked”.
  • Anda tinggal pilih di drive mana akan menyimpan file tersebut, misalnya di photo, kemudian klik OK.
  • Setelah selesai proses selesai, Anda tinggal memindahkan file-file yang sudah di simpan di PC tadi ke hp android Anda.
  • Sampai disini, proses mengembalikan file yang terhapus di android sudah berhasil dilakukan. Selesai.

Gunakan FonePaw Android Data Recovery

Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Langsung saja Anda download satu software menggunakan FonePaw Android Data Recovery.

cara mengembalikan file,foto, data terhapus di android1

Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka software FonePaw Android Data Recovery. Koneksikan smartphone Android kamu ke PC. Jika tidak segera terdeteksi, Anda dapat menghubungkan secara manual. Oh iya, jangan lupa mengaktifkan USB Debugging.
  • Selanjutnya akan muncul beragam pilihan. Anda cukup Centang pilihan jenis file yang ingin Anda kembalikan melalui FonePaw Android Data Recovery. Kemudian klik Next.
  • Nah, berikutnya Anda akan melihat data-data yang sudah terhapus tersebut dipindai menggunakan aplikasi FonePaw Android Data Recovery. Kemudian, pilih saja file yang ingin kamu kembalikan. Dan, klik Recover.
  • Selanjutnya, tunggu saja file yang  dipilih kembali ke folder PC yang Anda inginkan.
  • Bagaimana, Anda sudah berhasil melakukannnya ?. Anda bisa memilih menggunakan salah satu aplikasi yang dijelaskan di atas untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Mana saja bebas, sesuai selera saja he2…

Panduan cara mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di android tanpa root dengan aplikasi Recuva atau  FonePaw Android Data Recovery sebagaimana dijelaskan diatas memang sedikit repot, karena membutuhkan bantuan sebuah PC Windows.

Dan juga sedikit pusing, tapi nggak apa-apa ya, yang penting file yang terhapus bisa kembali.

Jika Anda ingin cara yang lebih mudah dan tidak membuat kepala pusing, silahkan bisa mencoba cara kedua berikut ini. Yaitu, dengan melakukan root terlebih dulu.

Cara mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di Android pada perangkat android yang sudah di root

Jika Anda yang sudah melakukan root pada hp android, maka akan lebih baik. Karena jalan Anda untuk mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di hp android menjadi lebih mudah.

Ada beragam aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore untuk membantu Anda memecahkan masalah file yang terhapus di android.

Ya, kenapa mudah ?, karena Anda tidak perlu repot-repot menggunakan PC, dan meng-install aplikasi ke PC Windows. Cukup, gunakan hp android saja.

Tanpa basa basi, langsung saja ke TKP ya. Silahkan ikuti panduan berikut ini :

Gunakan Aplikasi Recovery 1.0.0.18

Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Recovery 1.0.0.18 dan aplikasi ini sudah tersedia pada Google Play dan yang pasti sudah tersedia secara gratis untuk anda.

Prosedur ini mewajibkan Anda melakukan root pada hp Android terlebih dahulu. Jika belum maka Anda bisa melakukan root terlebih dahulu.

Belum tahu cara root ? silahkan ke ikuti panduan cara root hp android.

Selanjutnya, silahkan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan download aplikasi Recovery 1.0.0.18 yang tersedia di Google Playstore dan gratis. Pastikan Anda sudah meng-install aplikasi ini ya. Silahkan download disini
  • Selanjutnya, buka aplikasi Recovery 1.0.0.18
  • Setelah aplikasi terbuka, tekan menu select storage, pilih memori atau external memory yang merupakan tempat file terhapus awalnya tersimpan.
  • Kemudian, silahkan tekan Scan Storage, dan tunggu sesaat sampai dilayar tampil hasilnya.
  • Nah, kalau sudah keluar hasi scan,silahkan cek satu persatu dengan cermat. Anda juga bisa gunakan fitur search atau slide untuk lebih mudah melakukan pencarian dengan lebih detail.
  • Kalau Anda sudah menemukan file yang diinginkan, maka selanjutnya tinggal Restore, tekan file yang dimaksud, tahan sesaat, lalu pilih Restore item.
  • Sampai disini Anda sudah berhasil mengembalikan file yang terhapus sebelumnya di hp android.

Mudah bukan ?

Catatan, jika aplikasi Recovery 1.0.0.18 ter-install masih versi lite kemungkinan hanya dapat melakukan restore data berupa foto saja. Namun,  jika Anda ingin mengembalikan data selain foto, Anda bisa melakukan pembelian aplikasi tersebut.

Gunakan Aplikasi Disk Digger undelete

Anda juga bisa menggunakan Aplikasi lain untuk mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di Android dengan aplikasi Disk Digger Undelete.

Aplikasi ini bisa diperoleh secara free melalui Google Play Store, pastikan Anda sudah mengunduh dan meng-installnya ya.

Meski gratis, aplikasi ini bisa diandalkan, karena Aplikasi ini bisa mengembalikan file berformat JPG, PNG, dan MP4. Sementara untuk file dengan format lain Anda harus beralih ke versi pro alias berbayar.

Cara menggunakanya, ikuti panduan berikut ini :

  • Download aplikasi DiskDigger di playstore, kemudian install.
  • Jika muncul permintaan akses Root, pilih “ijinkan”
  • Selajutnya keluar peringatan “Upgrade to Pro”. Jika Anda memang tidak ingin upgrade pilih “no thanks”.
  • Pilih file penyimpanan data untuk mengembalikan data yang ada di memori internal atau
  • Lalu pilih format file yang akan di kembalikan tadi, kemudian tekan OK.
  • Selanjutnya, DiskDigger segera memindai berkas-berkas yang masih bisa dikembalikan.
  • Pilih berkas yang akan dikembalikan
  • Selanjutnya pilih “Save local”… Untuk memudahkan kita menemukan berkas yang sudah di kembalikan tadi.
  • Sampai disini Anda sudah berhasil mengembalikan file yang terhapus pada Android Anda.

Bagaimana, mudah kan ? cara mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama DiskDigger?

Antisipasi dengan Aplikasi Dumpster – recycle bin

Dumpster, sebenarnya bukan sebuah aplikasi yang dimaksudkan untuk mengembalikan file, foto, dan data yang sudah terhapus di Android.

Dumpster adalah aplikasi untuk melakukan antisipasi saja. Aplikasi ini akan membantu mengumpulkan file yang sudah dihapus dalam satu “wadah” sebagaimana fungsi “recycle bin” pada PC.

Jadi, Dumpster akan mengumpulkan semua file yang terhapus di Android jadi satu dalam sebuah “recycle bin”, dan pada saat dibutuhkan file tersebut bisa dikembalikan, atau restore.

Maka, pastikan Anda meng-install aplikasi ini sebagai langkah preventif agar tidak mengalami kehilangan file, foto, dan data-data penting lainnya di hp android.

Yup, demikianlah penjelasan singkat tentang cara mengembalikan file, foto, dan data  yang terhapus di android dengan tanpa root, atau dengan root terlebih dahulu.

Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi.

Tags: #cara mengembalikan file yang terhapus #foto terhapus di android #mengembalikan foto terhapus di android

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.