Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

108 views

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android– Aplikasi bawaan android keberadaannya tak bisa dielakkan. Namanya saja bawaan. Otomatis ada dari pabriknya.

Problemnya adalah, apakah semua aplikasi bawaan android itu bermanfaat buat smartphone Anda ?. Jawabnya, tentu tidak semuanya bermanfaat. Ada juga yang hanya menambah memori internal saja, namun jarang Anda gunakan karena memang Anda tidak familiar dengan aplikasi tersebut.

Namun, meski aplikasi bawaan android ini kurang bermanfaat buat pengguna, ternyata untuk cara menghapus aplikasi aplikasi bawaan android itu tak semudah menghapus aplikasi yang kita download dari Google play Store.

Sehingga, kebanyakan kita hanya bisa pasrah dengan eksistensi aplikasi bawaan android (bloatware) ini, tanpa bisa berbuat banyak.

Karena cara menghapus aplikasi bawaan android ini terbilang sulit, dan mensyaratkan hp android harus di root dulu, maka sebagian pengguna tidak begitu ambil pusing dengan aplikasi bawaan tersebut.

Terlebih buat pengguna yang menggunakan smartphone dengan kapasitas memori internal sangat memadai, tentu ini lebih enjoy lagi.

Walaupun ada cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root, namun sebenarnya cara ini tidak menghapus aplikasi bawaan secara nyata, karena faktanya hanya sekedar menyembunyikan / hide aplikasi tersebut.

Maka dalam pembahasan kali ini akan kami jelaskan cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root saja :

Jika HP Android kamu sudah dalam kondisi root, maka langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Terlebih dulu download dan install sebuah aplikasi yang bernama : System App Remover .
  • Sesudah terinstall, jalankan aplikasi tersebut. Jika SuperSU¬†meminta akses¬†root, kamu pilih saja Grant

cara menghapus aplikasi bawaan android

  • Selanjutnya, silahkan pilih aplikasi bawaan android mana saja yang hendak dicopot / uninstall dari smartphone kamu, dengan cara mencentang pada kotak sebelah kanan. Pastikan kamu hanya menghapus aplikasi bawaan android yang sudah benar-benar tidak dibutuhkan. Kemudian, silahkan klik Uninstall.

cara menghapus aplikasi bawaan android1

  • Kemudian akan mencul jendela pop-up, jangan lupa pilih “Yes” dan biarkan proses unsinstall berjalan sampai selesai.

cara menghapus aplikasi bawaan android2

Dengan demikian, kamu sudah berhasil menghapus aplikasi bawaan android sekaligus dari hp android kamu.

Mudah bukan, cara menghapus aplikasi bawaan android pada smartphone kesayangan kamu. Selamat mencoba, semoga sukses.

Tags: #aplikasi bawaan android #cara menghapus bloatware #menghapus bloatware

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.