Cara Menghemat Energi Baterai Android

123 views

Saat ini, pertumbuhan pengguna gadget Android demikian pesat. Pesatnya pertumbuhan pengguna ini bisa dimaklumi, lantaran kebanyakan ponselAndroid kaya dengan fitur keren dan ramah bagi pengguna.
Tapi apa lah artinya semua fitur keren yang tersedia kalau hp Android Anda tidak bisa memanfaatkannya karena terkendala baterai cepat habis. Daya tahan baterai masih bisa kita pertahankan dengan melakukan beberapa langkah kecil berikut ini :
Matikan gadget. Jelas ini bukanlah pilihan tapi Anda dapat menjaga masa pakai baterai Anda dengan trik ini. Jika Anda tidak menggunakan telepon beberapa lama karena ada kesibukan lain,  mematikan telepon Anda adalah cara termudah untuk menghemat baterai.

Matikan nada getar. Nada getar  ini sangat menyedot pamaikain baterai. Sebaiknya matikan nada getar, untuk lebih menghemat. Demikian juga nada dering, Anda juga dapat mengatur nada dering untuk volume yang rendah untuk menghemat.
Mengurangi kecerahan layar. Anda dapat lebih menghemat baterai dengan cara mengurangi tingkat kecerahan layar di level rendah. Anda dapat mengatur kecerahan layar Anda 50% atau lebih rendah. Jangan sampai kita menetapkan kecerahan layar sampai maksimal atau 100%.
Jangang gunakan live wallpaper. Live Wallpaper  adalah salah satu fitur keren di ponsel android. Tapi mengaktifkan fitur mengakibatkan baterai cepat habis.
Matikan Bluetooth dan WiFi. Sebagian besar ponsel pasti dilengkapi fitur Bluetooth dan WiFi. Ketika dua fitur ini diaktifkan, akan banyak menyita daya baterai. Jadi  sebaiknya Anda menonaktifkan keduanya kalau memang tidak benar-benar dibutuhkan.
Mengisi baterai sebelum benar-benar habis. Jangan menunggu baterai Anda benar-benar habis, baru melakukan charging. Demikian juga jangan mencabut charging sebelum benar-benar penuh.
Gunakan hands free. Jika Anda mendengarkan musik atau menonton video, sebaiknya gunakan hands free, jangan menggunakan speaker luar.
Mematikan lampu Flash. Hindari menggunakan flash di kamera ponsel, karena ini cukup memakan banyak energi. Gunakan flash pada saat dibutuhkan saja, jangan setiap kali hendak mengambil gambar.
Atur mode sleep layar. Pengaturan mode sleep layar ini dimaksudkan agar layar tidak menyala terlalu lama sehingga menguras daya baterai. Aturlah berapa lama layar menyala sesaat setelah tidak digunakan dengan setting-an waktu yang pas. Jangan terlalu lama.

Leave a reply "Cara Menghemat Energi Baterai Android"

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.