Cara Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone

94 views

Baterai smartphone yang cepat nge-drop alias kehabisan tenaga sering menjadi kendala kita. Ya, fitur dan aplikasi yang dipakai sekaligus dalam smartphone menjadi salah satu alasan mengapa baterai cepat habis. 
Karenanya, Anda mesti bijaksana memilih fitur dan aplikasi apa saja yang harus senantiasa stand by dan tetap jalan setiap saat demi menghemat pemakaian baterai.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan, sebagai salah satu cara menghemat pemakaian baterai smartphone :
1.    1. Matikan layanan Bluetooth dan GPS
Bluetooth dan GPS merupakan fitur yang cukup banyak menghabiskan tenaga baterai smartphone. Sebaiknya gunakan dua layanan ini hanya pada saat Anda benaar-benar membutuhkannya.
2.     2. Display layar di-setting minimum
Sebaiknya gunakan setting layar display smartphone secara minimum. Tidak terlalu terang, yang akan membuat cepat habis. Namun juga jangan terlau redup, karena hal ini juga akan menggannggu pandangan mata Anda.
3.     3. Hindari Multitasking berlebihan

Smartphone memungkinkan pemakaian multitasking. Dimana Anda bisa menjalankan banyak fitur dan layanan dalam waktu yang bersamaan, missal : chatting, Facebook, browsing, email, dan sebagainya. Sebaiknya, tidak berlebihan menjalankan aplikasi dalam waktu yang bersamaan sekiranya aplikasi tersebut tidak benar-benar sedang Anda butuhkan saat itu. Anda juga bisa menambahkan aplikasi “managing task” untuk mempermudah pengaturannya. Sehingga pemakaian baterai bisa dihemat.
4.      4. Charging yang maksimal
Charging yang maksimal akan membantu baterai Anda memiliki energy maksimal pula. Usahakan selalu men-charge baterai secara penuh, karena ini juga dapat memperpanjang usia pemakaian baterai. Hindari “overcharge” untuk menghindari terjadinya ledakan, terutama baterai Lithium-Ion.
5.      5. Hindari Overheating pemakaian
Overheating ditandai dengan smartphone panas kalau dipegang. Penyebabnya adalah karena processor bekerja keras untuk menjalankan aplikasi yang ada. Usahakan untuk selalu melakukan cooling down, seperti mencabut baterai sementara kemudian dimasukkan lagi untuk Blackberry.
6.      6. Beli baterai smartphone baru
Nah, kalau semua langkah diatas sudah Anda lakukan namun baterai smartphone masih tetap tidak mau kompromi, maka jalan terakhir adalah beli baterai baru.
Demikianlah beberapa tips dan langkah cara menghemat pemakaian baterai smartphone.

Leave a reply "Cara Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone"

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.