Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem

165 views

Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem – Smartphone android kini menjadi idola para pengguna gadget. Tak hanya kemudahan cara penggunaannya, namun yang paling menarik adalah banyaknya aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Alhasil, smartphone android demikian populer penggunaannya di masyarakat.

Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pada smartphone android. Salah satunya adalah, menjadikan smartphone android sebagai modem untuk koneksi internet menggunakan komputer atau laptop. Ya, meski ponsel android sudah sangat nyaman untuk aktifitas berselancar di dunia maya, namun kadang kita membutuhkan koneksi internet menggunakan PC atau laptop untuk pekerjaan tertentu.

Fitur yang dimaksud adalah USB Tethering. Dengan fitur ini Anda bisa mengubah fungsi smartphone android sebagai modem, layaknya modem internet lainnya. Bagaimana dengan pemakaian kualitas koneksi dan kuota internetnya ?, kualitas koneksi internet, dan kuota internet akan dibebankan sesuai dengan simcard yang Anda gunakan, dan paket yang Anda pilih.

smartphone android untuk modem

Bagaimana cara menjadikan smartphone android sebagai modem internet ? berikut langkah-langkahnya :

1. Anda harus memastikan beberapa hal berikut sudah sesuai :

  • Smartphone android masih memiliki kuota internet sesuai paket yang diambil
  • Kabel data untuk menghubungkan smartphone dengan komputer atau laptop
  • Komputer atau laptop yang ter-install driver smartphone yang Anda miliki

2. Selanjutnya, ikuti prosedur berikut :

  • Jangan lupa aktifkan dulu sambungan data internet yang ada pada smartphone android
  • Sambungkan smartphone android ke laptop dengan menggunakan kabel data, pastikan Windows mendeteksinya
  • Kemudian, masuk ke menu Settings >> Wireless and Networks >> Tethering and Portable Hotspot >>kemudian  USB Tethering, lakukan centang.
  • Tunggu sesaat hingga pada ‘USB Tethering‘ terdapat tulisan ‘Tethered‘ ,  dan tunggu sampai komputer atau laptop anda terkoneksi dengan internet.

Sekedar infomarsi, langkah-langkah diatas dilakukan seandainya komputer/laptop Anda tidak terdapat konktivitas Wi-Fi. Namun jika sebaliknya, komputer/laptop Anda sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi, maka prosesnya tidak rumit dan jauh lebih mudah, karena Anda tak perlu install driver smartphone Android terlebih dulu.

Yang perlu Anda lakukan hanya masuk ke menu Settings >> Tethering and Portable Hotspot >> centang Portable Wi-Fi HotSpot. Bahkan, di beberapa smartphone android sudah tersedia “ikon hotspot”, Anda hanya tinggal sentuh, dan aktifkan.  Setelah itu, secara otomatis smartphone Android akan memancarkan sinya WiFi , dan untuk terhubung dengan komputer atau laptop Anda tinggal  mengakses melalui “wireless internet connection” .

Bagaimana, sudah bisa kan menjadikan smartphone android sebagai modem internet ?. Semoga bermanfaat.

Tags: #modem internet smartphone #smartphone android sebagai modem

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.