Cara Mudah Menerjemah Pakai Kamera Smartphone Android

Manfaatkan kamera smartphone Android Anda untuk meringankan beban pekerjaan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah, menggunakan kamera smartphone android Anda untuk membantu menerjemah dokumen dalam bentuk hard copy, terutama Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Lho, bagaimana caranya?  Tenang dulu ya, kali ini Blog Mas Nazar akan mengungkapkan cara mudah menerjemah dokumen tulisan, atau hard copy lewat kamera smartphone.

Sekedar catatan, akan lebih baik kalau kamera smartphone android Anda memiliki resolusi tinggi. Sehingga mampu memindai tulisan dalam jarak agak jauh.

Tanpa basa- basi langsung saja kita ungkap langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda telah menginstall aplikasi Google Translate pada Android. Kalau belum, Anda bisa menuju ke Google Playstore untuk mengunduhnya.

2. Jalankan aplikasi Google Translate Anda, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini :

kamera smartphone android

3. Siapkan dokumen yang akan diterjemahkan, pastikan arah penerjemahan sudah di setting, misal:  English – Indonesia. Ketuk ikon kamera, untuk mulai memindai dokumen yang akan diterjemahkan, atau Anda ambil foto dokumen tersebut, dan pastikan hasil foto tulisan terlihat jelas.

4. Arahkan kamera ke teks dokumen yang hendak diterjemahkan, dan lakukan pemotretan. Sesaat setelah objek dipotret dilayar smartphone Android akan nampak gerakan seperti pemindaian dari sisi kiri ke kanan, untuk menerjemahkan.

5. Anda bisa mulai menerjemah setelah ada perintah di layar, ” Use your finger to highlight the text ” . Selanjutnya Anda bisa gunakan jari untuk “mengusap” kata atau kalimat yang akan diterjemah, usapkan secara keseluruhan kata tersebut, bukan cuma menyentuh. Beberapa detik kemudian terjemahan pun akan tampil, sesuai arah penerjemahan.

Bagaimana  mau mencoba ?. Ya, gunakan kamera smartphone android Anda untuk menerjemah yang efisien.

Cara Mudah Menerjemah Pakai Kamera Smartphone Android | Mas Nazar | 4.5