Cara Simpan Data Pribadi di Ponsel Android

78 views

Cara Simpan Data Pribadi di Ponsel Android – Setiap pengguna smartphone android biasanya memiliki data atau file pribadi berupa teks, gambar, atau video yang tersimpan memori smartphone. Namanya saja data pribadi, pasti bersifat rahasia dong. Orang lain tak boleh tahu, apalagi sampai membuka dan menyebarkan data pribadi kita, akan jadi masalah besar di kemudian hari.

Jadi, semestinya kita bisa menyimpan data pribadi secara aman pada smartphone, sehingga orang lain sama sekali tak bisa mengakses data tersebut, apalagi sampai menggunakan untuk hal lain tanpa sepengetahuan kita sebagai pemiliknya.

Untuk menjaga agar data tetap aman, boleh jadi Anda memerlukan folder penyimpanan khusus yang hanya bisa dibuka oleh Anda sendiri dengan menggunakan password yang telah dibuat sebelumnya. Sayangnya, yang demikian itu hanya bisa dilakukan pada perangkat komputer, sementara untuk perangkat seluler atau smartphone Android tak semudah itu.

Tapi kini Anda tak perlu khawatir lagi dengan penyimpanan data pribadi tersebut. Karena ada sebuah aplikasi android yang bisa membantu kita memproteksi data pribadi Anda, dan melindunginya dari tangan-tangan jahil. Ya, sebuah aplikasi yang diberi nama “KeepSafe” dapat Anda install untuk menjaga keamanan data pribadi Anda pada smartphone android.

Aplikasi KeepSafe mesti Anda unduh dulu disini, setelah itu baru Anda install pada smartphone android. Setelah proses install selesai, maka Anda akan diminta untuk membuat “PIN” untuk bisa masuk ke dalam fitur KeepSafe. Masukkan PIN berupa angka sesuai dengan keinginan Anda, klik OK, dan sekali lagi untuk konfirmasi.

cara simpan data pribadi di smartphone

Kemudian, nanti akan masuk pada halaman dimana kita bisa memasukkan alamat emai untuk “reminder PIN”, atau pengingat PIN, jika suatu saat Anda lupa dengan PIN yang telah dibuat, pilihan ini bisa diabaikan jika Anda merasa tak perlu dengan menekan “No Thanks”.

Bagaimana cara menggunakan KeepSafe ?

Sekarang Anda siap untuk menggunakan aplikasi KeepSafe. Jika ingin membuat pengaturan foto dan video agar tersimpan dengan aman, masuk ke menu `Gallery` kemudian pilihlah file teks, foto atau video apapun, lalu klik ‘Share’. Dari foto atau video yang diseleksi, pilih ‘Keep safe’.

Setiap kali Anda menambahkan foto atau video ke KeepSafe, tidak ada yang akan dapat melihat foto dan video tersebut tanpa pin yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika Anda ingin melihat kembali file-file yang telah disembunyikan, Anda tinggal membuka aplikasi KeepSafe dan jangan sampai lupa PIN yang telah Anda buat sebelumnya.

menu keepsafe

Unhide foto dan video  

Jika Anda menginginkan untuk meng-unhide foto atau video dari KeepSafe, buka `KeepSafe Gallery`, pilihlah¬† foto atau video yang hendak di-unhide, kemudian tekan beberapa saat, lalu klik ‘Unhide’.

Sesaat setelah memilih mode unhide, boleh jadi foto Anda tidak serta merta muncul di Gallery. Lakukan restart smartphone Android Anda untuk bisa menampilkan Gallery seperti kondisi semula. (lip6)

Tags: #simpan data pribadi di smartphone #smartphone android

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.