Harga dan Spesifikasi Oppo R5, Smartphone Paling Tipis

217 views

Harga dan Spesifikasi Oppo R5, Smartphone Paling Tipis – Sepak terjang Oppo terus mengalami peningkatan, Oppo kini juga mulai naik daun, setelah rajin menelurkan smartphone yang memiliki kemampuan unik, diselaraskan dengan desain menawan. Oppo R5 diklaim sebagai smartphone paling tipis saat ini, karena ketebalannya hanya 4,85 mm.

Tak sekedar itu, Oppo mendesain R5 dengan tampilan yang cantik dan elegan dengan balutan material stainless steel yang sehingga terkesan premium.

Dimensi: 148,9×74,5×4,85 mm, 155 gram; full touchscreen; pengatur volume suara, lubang mic, port microUSB, tombol power/lock; slot micro SIM card

Smartpone ini terbuat dari bahan material premium, tengoklah pada panel kaca di bagian depan yang dilapisi bezel logam di sisi dan bagian belakang. Tak hanya itu, desain yang flat dan ramping menjadikan Oppo R5 nyaman dalam genggaman tangan.

Salah satu bagian menarik yang hendak ditonjolkan Oppo R5 tak lain adalah bentuknya yang super tipis hanya 4,85 mm. Dengan desin unibodi, baterai Oppo R5 menyatu dengan bodi, sehingga tak bisa dilepas.

Spesifikasi Oppo R5

spesifikasi oppo R5

Layar
Layar sentuh AMOLED, 16 juta warna, 1920×1080 pixels, 5.2 inches (~423 ppi pixel density), 10 poin multi touch

Pada sektor layar, Anda akan mendapati panel AMOLED seluas 5,2 inci dengan resolusi Full HD (1920×1080 piksel). Kombinasi tersebut menjadikan tampilan Oppo R5 terlihat jernih, warna pun nampak lebih hidup, ditambah dengan sudut pandang yang mencapai 180 persen.

Sistem Operasi & UI

ColorOS UI V2.0; Android 4.4.4 KitKat

Di bagian sistem operasi, Oppo R5 mengandalkan buatan sendiri yang diberi nama ColorOS 2.0 dan berjalan pada Android 4.4 KitKat. Sedikit perbedaan terdapat pada Gesture panel yang di pindahkan ke bagian bawah dengan mengusap layar dari bawah ke atas, panel akan terrlihat.

Gesture control pada Oppo R5 memang terlihat cukup memikat. Bahkan, dalam kondisi layar tidak aktif atau off pun off, Anda tetap dapat mengakses aplikasi yang sudah didaftarkan dalam fitur ini. Contohnya dengan menggambar lingkaran, Anda langsung bisa mengakses kamera. Anda bisa membuat gesture sendiri untuk mengakses berbagai aplikasi pilihan.

Salah satu fitur istimewa yang tak kalah menawan adalah dengan hadirnya “one hand operation”. Sebuah fitur yang memungkinkan Anda bisa melakukan akses interface ponsel dalam skala yang lebih kecil. Posisinya pun dapat dipindahkan ke berbagai sudut sesuai selera.

Theme app pada ColorOS juga memberikan kemudahan kepada Anda untuk melakukan penggantian tampilan ikon, folder, wallpaper dan lockscreen. Tersedia banyak pilihan theme yang bisa dipilih dan dipergunakan sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Hardware

Prosesor Octa-core 1.5 GHz, Qualcomm MSM8939 chipset, Snapdragon 615, Adreno 405 GPU, RAM 2GB

Meski bodi Oppo R5 terbilang sangat tipis, tapi dapur pacunya sangat mumpuni. Oppo R5 telah dibekali dengan prosesor Cortex A53 yang sudah mengusung teknologi Octa core 64-bit . Dengan dukungan tersebut, R5 memiliki performa yang optimal.

Oppo R5 juga dilengkapi teknologi pengelolaan grafis Adreno 405, sehingga tampilan 3D sangat maksimal. Nyaman untuk dipakai permainan game berat, animasi berjalan lancar tanpa kendala, lag bisa ditekan minimal.

Baterai dan Memori

Memori Internal 16GB; baterai Li-Po  2000 mAh

Pada sisi baterai, Oppo R5 sedikit mendapat sorotan, karena hanya menggunakan baterai dengan kapasitas daya 2.000 mAh. Dukungan baterai yang minim membuat Oppo R5 tentunya tidak akan bertahan lama jika digunakan untuk pemakaian yang berat. Mungkin saja tidak sampai sehari baterai sudah harus di-charge.

Untuk mengantisipasi kendala baterai, Anda bisa melakukan langkah penghematan daya dengan memanfaatkan Ultra Power Saving mode, yang berfungsi untuk mematikan aplikasi yang banyak menghabiskan baterai.
Sementara untuk media penyimpanan ditanamkan memori internal 16 GB (dengan ketersediaan ruang sekitar 10,65 GB).

Konektivitas

Quad band GSM (850/900/1800/1900); WCDMA (850/900/1700/1900/2100); FDD-LTE B1/3/4/7/8/17/20/28-a/28-b; 5G Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Display; Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0; microUSB v2.0, USB On The Go, GPS/A-GPS

Soal konektivitas Oppo R5 telah membekalinya dengan sangat lengkap. Tersedia jaringan data sekelas 3G dan mengakomodasi jaringan LTE. Jadi, jika layanan berbasis LTE sudah komersial, Anda tak perlu khawatir, dan tidak usah berpikir membeli gadget baru.

Oppo R5 dilengkapi dengan port micro USB yang mendukung kemampuan membaca flashdisk (USB On The Go). Buat Anda yang punya hobi jalan-jalan, bisa menggunakan fitur GPS/A-GPS yang diselaraskan dengan Google Maps terkini dari R5 dengan tingkat akurasi panduan turn by turn cukup tinggi, tersedia juga voice guidance.

harga oppo R5

Kamera

13MP Sony Exmor IMX214 BSI Sensor, F2.0 Aperture, Blueglass Filter, AR+AF Coating, LED flash, 4K video recording @30fps, 1080p@60fps, 720p slow motion video@120fps; Secondary camera: 5MP, 83° Goldangle, F2.0 Aperture, Pure Image Technology 2.0

Di sektor kamera Oppo R5 sudah dibekali dengan kamera belakang resolusi tinggi, 13 MP teknologi Sony Exmor IMX214 BSI sensor dan LED flash.

Kamera Oppo R5 juga mampu menampilkan banyak mode mulai dari Normal, Ultra HD, Colorful Night, Slow Shutter, Expert Mode, beautify, HDR, panorama, audio photo, GIF, double exposure, RAW. Untuk pengambilan gambar dalam ruangan pun cukup memuaskan, kaya warna dan detil meski ditemukan sedikit noise.

Bagi Anda yang gemar membuat rekaman bgambar bergerak atau video, Oppo R5 mampu menyajikan beberapa format rekam video 4k video @30 fps, 1080 video @60 fps dan 720p slow motion video @ 120fps.

Fitur Lain

Music Player, Weather, Security Center, Guest Mode, Keep

Kualitas suara yang dihasilkan dari music player buatan Oppo tergolong standar. Saat dicoba untuk memutar lagu dengan menggunakan pemutar musik bawaan suara yang dihasilkan terdengar nyaman di telinga, komposisi bass dan treble cukup sempurna. Walaupun secara volume masih belum maksimal.

Di bagian Security Center, tersedia beberapa fitur untuk mengoptimalkan kinerja Oppo R5 diantaranya : memory cleanup, data saving, data monitor. Disamping itu, tersedia Keep yang merupakan aplikasi sejenis note.

Kelebihan Oppo R5 :
• Kamera resolusi tinggi
• Desain Ultra tipis
• Desain berkelas, elegan, dan Premium
• Prosesor Octa Core Qualcomm
• Mendukung LTE

Kekurangan Oppo R 5
• Kapasitas daya baterai terlalu kecil
• Loudspeaker kurang powerfull
• Tidak ada port audio
• Tidak ada slot microSD

Harga Oppo R5

Di pasaran harga Oppo R5 ditawarkan dengan banderol harga : Rp 6,5 Juta.

Kehadiran Oppo R5 semakin menajamkan persaingan smartphone di lini ponsel berdesain ultra tipis. Ya, R5 memang didesain dengan menonjolkan bentuknya yang tipis dan premium namun tetap praktis dan nyaman di genggaman.

Memang ada sedikit kekurangan pada dukungan daya baterai, namun tidak begitu berpengaruh terhadap Spesifikasi Oppo R5 secara keseluruhan.

 

Tags: #harga Oppo R5 #smartphone tipis #Spesifikasi Oppo R5

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.