Membiarkan Charger Tetap Tersambung Listrik, Apa Dampaknya ?

447 views

Membiarkan Charger Tetap Tersambung Listrik, Apa Dampaknya ? – Membiarkan ponsel terhubung ke charger semalaman sudah menjadi kebiasaan yang lumrah di kalangan pengguna smartphone. Lazimnya, waktu yang dbutuhkan untuk ngecas HP itu kan tidak lama, antara 2 sampai 3 jam sudah bisa dicabut. Faktanya, banyak orang yang sering lupa cabut, sampai lebih dari 5 jam, lalu bagaimana jika charger dibiarkan tetap tersambung ke listrik tanpa ponsel?. Sebuah pemborosan energi listrik yang luar biasa kalau ini bersifat akumulatif.

Profesor Cambridge David MacKay seperti dikutip dari Techradar mengungkapkan, jika Anda melepast charger sesaat setelah selesai cas, dan sudah tidak digunakan, dah hal ini dilakukan secara kontinyu selama lebih dari satu tahun,  maka sama saja Anda akan menyimpan jumlah energi yang sama yang diperlukan untuk mandi dengan air panas dengan pemanas listrik.

Dengan kata lain, Anda tidak melakukan pemborosan energi listrik dengan meninggalkan charger tercolok. Jika Anda menghubungkan ponsel ke charger, jumlah energi yang digunakan akan meningkat, tapi masih tetap relatif rendah.

charger ponsel

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun  2012 yang dilakukan oleh Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan fakta bahwa charger yang terpasang memakai rata-rata 0,26 watt. Ketika ponsel tersambung ke pengisi daya, jumlah rata-rata listrik yang dipakai mengalami lonjakan menjadi 3,68 watt. Sementara untuk pemakaian rumah tangga rata-rata, penelitian juga menyebutkan biaya rata-rata 5,30 dolar AS (sekitar Rp60 ribu) untuk mengisi smartphone per tahun.

Meski begitu, bukanlah merupakan sebuah tindakan bijak membiarkan ponsel terlalu lama dicas setelah terisi penuh. Baterai lithium ion, sebagaimana yang banyak dipakai oleh smartphone, tidak akan terisi 100% dalam jangka waktu yang lama. Para ahli juga menyebutkan bahwa untuk menjaga agar baterai tetap awet dan optimal,  Anda harus memaksimalkan penggunanaan baterai dengan pemakaian yang singkat, dan pada saat melakukan cas juga harus diperhatikan waktunya, kalau sudah full harus segera dicabut.

Tags: #charger ponsel

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.