Mengapa Harus ber-Muhasabah

257 views


Mengapa kita harus bermuhasabah?. Beberapa poin penting yang akan kita peroleh manakala kita senantiasa melakukan muhasabah adalah :

1. Mengetahui aib diri

Barangsiapa tidak mengetahui aib dirinya sendiri tidak mungkin mampu membuangnya. Yunus bin Ubaid berkata, ” Aku benar-benar mendapati seratus bentuk kebajikan. Tetapi kulihat, tidak ada satu pun yang ada pada diriku.”
Muhammad bin wasi’ berkata, ” seandainya dosa-dosa itu mempunyai bau, sungguh tidak ada seorangpun yang sanggup duduk dekatku.”
Imam Ahmad meriwayatkan ,Abu Darda’ berkata, “Seseorang itu tidak memahami agama ini dengan baik sampai ia membenci orang lain karena Allah swt, kemudian ia kembali kepada nafsunya dan ia lebih membencinya lagi.”

2. Mengetahui Hak Allah swt terhadapnya

Hal itu akan membuatnya mencela nafsunya sendiri serta membebaskannya dari ujub dan riya’. Juga membukakan pintu ketundukan, penghinaan diri, kepasrahan di hadapan-Nya, serta keputusasaan terhadap dirinya sendiri. Sesungguhnya keselamatan itu hanya dapat dicapai dengan ampunandari Allah swt dan rahmatNya. Merupakan hak Allah swt untuk ditaati dan tidak dimaksiati, diingat dan tidak dilupakan, serta disyukui dan tidak dikafiri.

(Tazkiyatun Nafs, Konsep Penyucian Jiwa Menurut Ulama Salafushshalih, Ibnu Rajab al-Hmabali, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Imam al-Ghazali, Pustaka Arafah, Solo 2001)

Leave a reply "Mengapa Harus ber-Muhasabah"

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.