Mengapa Perlu Belajar Bahasa Arab ?

123 views


Bahasa arab adalah bagian dari dienul islam. Bahasa arab adalah bahasa alqur’an. Demikian juga, hadits-hadits Nabi saw dan kitab-kitab para ulama pun ditulis dalam bahasa arab. Secara ringkas, dapatlah kita katakan, siapa saja yang hendak mempelajari islam dari sumber aslinya maka belajar bahasa arab adalah sebuah keniscayaan.

Bahasa arab sangat penting bagi para juru dakwah, mengapa? karena alqur’an sebagai kalamullah yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw adalah berbahasa arab.
” Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”. (QS : Yusuf : 2)
Pentingnya belajar Bahasa arab ditekankan oleh para sahabat nabi saw,sebagaimana perkataan Umar bin khattab r.a, ” Pelajarilah bahasa arab dan i’rablah alqur’an, karena alqur’an adalah bahasa arab”. ( Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqiem).Beliau juga berkata, ” Karena agama ini di dalamnya (mengandung aspek) perkataan dan perbuatan, maka memahami Bahasa arab adalah cara untuk memahami perkataan. Sedangkan memahami as-Sunnah adalah cara untuk memahami perbuatan”.

Pentingnya belajar Bahasa arab ini disampaikan secara tegas oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah,“ Sesungguhnya, ketika Allah Swt menurunkan kitab-Nya dengan Bahasa arab, menjadikan rasul-Nya sebagai penyampai risalah al-Kitab dan al-Hikmah dengan bahasa Arab, dan menjadikan generasi awal dien ini berkomunikasi dengan Bahasa arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan Bahasa arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan Bahasa arab memudahkan umat Islam dalam memahami agama Allah dan dalam menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini serta mendekatkan mereka untuk mengambil teladan generasi pertama Islam dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Iqtidha’ Shirathal Mustaqim, 1:350)

Dalam ungkapan lain beliau menyatakan ;

Bahasa arab merupakan bahasa umat Islam sekaligus bahasa Al-Qur’an. Oleh karena itu, Al-Qur’an dan Sunnah tidak akan pernah bisa dipahami dengan benar dan sehat kecuali dengan bahasa Arab.” (Iqtidha’ Shirathal Mustaqim, 1:67)

Dari Ibnu Abbas ra ia berkata, Rasulullah Saw bersabda: Cintailah Bahasa arab karena tiga hal, yaitu karena aku adalah orang Arab, dan Al-Qur’an dengan Bahasa arab, dan bahasa penghuni syurga adalah Bahasa arab.” (HR Hakim, 16:320/7099)
Maka, dapatlah kita simpulkan bahwa barangsiapa yang ingin mengkaji alqur’an dan as-Sunnah atau kitab-kitab keilmuan islam yang ditulis para ulama, hendaklah menjadikan belajar bahasa arab sebagai bagian dari pengkajiannya.Sebab, Bahasa arab adalah bagian dari dienul islam itu sendiri.

wallaahu a’lam bi as shawab…

Leave a reply "Mengapa Perlu Belajar Bahasa Arab ?"

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.