8 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Cepat Panas

417 views

Smartphone kini menjadi perangkat yang begitu akrab digunakan berbagai lapisan masyarakat. Layaknya perangkat elektronik, maka smartphone android atau HP android kerapkali mengalami problem. Ya, karena umumnya perangkat elektronik memiliki kelebihan dan kekurangan, dan masa pakai.

Salah satu problem yang tak bisa dianggap remeh adalah, HP android cepat panas atau overheating. Bagi pengguna, meskipun problem ini boleh dibilang tidak terlalu serius, namun tetap saja menimbulkan ketidaknyamanan. Betapa tidak, kalau hp android cepat panas maka tidak nyaman di genggaman Anda, karena tangan pun akan merasakan hawa panas yang keluar dari hp android.

HP android akan cepat panas jika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game, atau menontot video lewat youtube, karena hal ini sangat menguras daya CPU.

hp-android-cepat-panas

Lantas, bagaimana cara mengatasi hp android yang cepat panas ini ?. Berikut ini kami uraikan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Pastikan Anda menjauhkan smartphone android dari tempat /lingkungan yang panas, seperti dekat perangkat elektronik yang lain, atau langsung terkena sinar matahari. Karena hal ini akan mempengaruhi temperatur pada smartphone android Anda menjadi lebih tinggi alias cepat panas.

2. Jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan dalam tempo waktu yang lama. Segera matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan, sehingga mengurangi beban kerja processor. Ketika aplikasi dibiarkan terbuka, meski tidak dipakai maka aplikasi tersebut akan tetap berjalan secara hidden.

3. Tampilan layar usahakan tidak teralu terang. Pastikan level kecerahan layar diatur sedemikian rupa sehingga terkesan teduh, tidak menyedot daya terlalu besar, dan Anda pun nyaman untuk membaca tampilan pada layar monitor smartphone.

4. Jika dipandang perlu, kalau smartphone android dilapisi dengan pelindung / casing, maka Anda bisa melepaskannya sesaat untuk mendinginkan smartphone. Pada saat smartphone dibalut casing, maka sirkulasi hawa panas yang keluar dari perangkat seluler tersebut tidak bisa berjalan secara maksimal, sehingga panas yang ada pada smartphone tertahan, tidak maksimal keluar, dan proses dingin menjadi lebih lama.

5. Hindari penggunaan smartphone android pada saat sedang di-charge. Karena, hal ini akan menyebabkan HP android cepat panas, itulah mengapa kemudian ini juga memicu cepat rusaknya batere smartphone.

6. Gunakan Aplikasi Coolify. Aplikasi android ini secara spesifik digunakan untuk menjaga suhu smartphone tetap dalam kondisi normal. Jadi boleh dibilang, Coolify merupakan aplikasi android untuk mengatasi hp android yang cepat panas.

7. Jika Anda memasang aplikasi Clean Master atau DU Battery Saver pada smartphone android, juga bisa menggunakan fasilitas phone cooler atau pendingin hp yang terdapat pada aplikasi ini untuk memonitor temperatur hp android, dan memastikan tetap dalam kondisi normal.

8. Atau Anda bisa mematikan hp android secara total untuk beberapa saat, dan membiarkannya kembali pada suhu yang normal untuk kemudian Anda bisa menggunakannya kembali, jika langkah ini memungkinkan Anda lakukan.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi HP Android cepat panas, semoga bisa memberikan solusi buat Anda yang saat ini tengah mengalami masalah tersebut pada gadget kesayangannya.

Tags: #aplikasi android #HP Android cepat panas #Mengatasi HP Android Cepat Panas

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.