Cara Menghemat Memori HP dari Foto Kiriman WA

353 views

Jika Anda adalah pengguna Whatsapp yang cukup aktif, dan bergabung di banyak grup, maka Anda akan sering mengalami masalah memori internal yang cepat penuh.

Salah satu fitur WhatsApp yang cukup mengganggu ialah setiap gambar yang dikirimkan teman/grup melalui WhatsApp maka akan tersimpan secara otomatis di storage (jika opsi download gambar dinyalakan).

Ya, karena aplikasi Whatsapp akan secara otomatis menyimpan kiriman gambar, maupun video di memori internal. Kalau gambar dan videonya sedikit saya rasa tidak masalah. Tapi kalau sudah mencapai ribuan ?. Tentu akan bermasalah, akibatnya, jika kita tidak rajin menghapusnya memori akan semakin berat.

Cara menghapus gambar dan video kiriman WA dapat kita lakukan dengan langsung masuk ke  folder file pada memori internal, masuk ke folder Whatsapp, lalu ke Media, pilih folder Video atau Images, selanjutnya tinggal pilih mana yang mau dihapus.

menghemat memori

Cara di atas adalah cara manual. Nah, ad acara yang lebih mudah untuk menghapus gambar dan video kiriman dari WA, yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Magic Cleaner for Whatsapp.

Berikut ini penjelasan cara ampuh menghemat storage smartphone dari foto atau gambar-gambar yang menumpuk akibat WhatsApp.

Cara Menghemat Memori Smartphone dari Foto-Foto WhatsApp yang Menumpuk

  • Caranya mudah koq, And hanya perlu download dan install aplikasi keren bernama Magic Cleaner for WhatsApp. Ukurannya relative kecil, cuma 9 MB
  • Selanjutnya install pada Android, dan buka aplikasi Magic Cleaner  Kamu akan disambut dengan seorang “kake tua” yang akan membantu dalam memilah-milah foto di WhatsApp kamu. Untu menjalankanya cukup kamu tekan kepalanya.
  • Kemudian, aplikasi ini segera melakukan Analisa. Lamanya proses analisa dan pemilahan akan sangat bergantung kepada berapa jumlah foto yang tersimpan pada smartphone kamu. Perlu diketahui bahwaMagic Cleaner melakukan analisa per 500 foto setiap sesinya.
  • Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah, mampu melakukan klasifikasi setiap gambar, apakah gambar tersebut penting atau tidak, bahkan apakah gambar tersebut tergolong kartun,MEME, atau screenshot.
  • Jika Anda sudah memilih foto apa saja yang hendak dihapus, maka Anda hanya perlu menekanicon wadah sampah yang terletak di sudut kanan bawah.
  • Anda bisa memilih meneruskan proses dengan menekan tombol Continue Analysis jika memang menginginkan analisa lebih lanjut terhadap foto –foto lainnya.

Dengan demikian And sudah terbebas dari masalah foto yang menumpuk akibat kiriman dari WA, yang belum tentu semuanya bermanfaat buat Anda. Bahkan sebaliknya.

Tags: #menghapus gambar kiriman WA #menghemat memori

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.