Nge-Blog lah dunia akan tahu siapa kamu!

220 views

menulis blogMenarik  tweet yang diunggah oleh Jamil Azzaini lewat akun @jamilazzaini, beliau mengatakan, “Dengan membaca kau tahu dunia dan dengan menulis ( salah satunya blog ) dunia akan tahu kamu”.

Tweet ini sangat inspiratif dan sarat makna. Khususnya buat saya. Kenapa ?. Setidaknya ada dua hal yang ingin saya ungkapkan, membaca dan menulis. Pertama, membaca,  kita sudah mafhum bahwa membaca merupakan jendela ilmu pengetahuan. Bahkan ayat  dalam alqur’an yang pertama kali turun adalah “iqra”, yang artinya “bacalah”. Dengan membaca mendapatkan informasi, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dan tak kalah penting membaca merupakan sarana kita mengasah intelektualitas.

Meskipun bagi kebanyakan orang membaca bukanlah aktifitas yang mengasyikkan.  Justru sebaliknya, membosankan. Lebih enak menonton televisi atau mendengarkan musik. Tahukah Anda, Membaca juga butuh pada pembiasaan. Dan pembiasaan butuh kepada “pemaksaan”.

Harus Memaksakan Diri

Kita harus memaksakan diri kita dulu untuk senang membaca buku, majalah,atau koran. Misalnya dimulai dengan sekedar mencari informasi tentang sesuatu yang sedang kita butuhkan, atau berkaitan dengan hobi yang sedang kita tekuni. Pada saatnya nanti kita akan sampai pada tahap terbiasa untuk selalu meng-update informasi lewat itu semua. Pada tahap ini kita sebenarnya sudah “terbiasa”. Artinya, kita sudah enjoy dengan membaca itu sendiri. Sehingga, membaca pada level ini sudah pada tahap kebutuhan akan informasi. Ketika kita tidak mendapatkannya terasa ada yang kurang, sehingga mendorong kita untuk terus mencarinya.

Mulai Menulis

Kedua, menulis. Ketika kita sudah banyak membaca, banyak mendapatkan informasi dan pengetahuan, maka tak ada salahnya kita mulai menulis. Apalagi di era sekarang, dengan adanya blog semua orang bebas menuangkan ide dan gagasan tanpa kesulitan berarti. Bahkan pengalaman pribadi pun bisa kita ceritakan secara mudah lewat blog. Sebagaimana yang diungkapkan Jamil Azzaini diatas, dengan menulis lewat blog dunia akan tahu “siapa kamu”. Coretan dan tulisan yang diunggah ke dunia maya kemudian akan banyak dibaca oleh peselancar internet. Boleh jadi tulisan yang kita buat akan memberikan inspirasi bagi mereka atau bahkan menjadi solusi atas permasalahan yang sedang mereka hadapi. Dari sini setidaknya kita telah membagi pengalaman yang berdampak positip buat orang lain.

Kepuasan Pribadi

Menulis lewat blog juga mendatangkan kepuasan pribadi buat kita. Setidaknya kita bisa mengatakan kepada dunia, bahwa saya bisa menulis he…he. Pada dasarnya kita semua bisa menulis, hanya kita malas saja untuk melakukannya. Menulis tidaklah perlu teori yang muluk. Yang diperlukan hanya lah praktek dan praktek. Teori tanpa aksi hanya omong kosong belaka. Seiring dengan praktek yang terus menerus kita akan banyak belajar dari kesalahan dan belajar juga dari penulis yang lain. Dan secara tidak langsung kita pun akan mencari tahu metode dan cara yang benar untuk membuat tulisan kita menjadi berbobot dan menarik pembaca. Menulis tidak sesulit yang dibayangkan. Bayangkan yang mudah-mudah saja dulu, insyaAllah akan jauh lebih mudah semudah kita menulis status di halaman facebook . Karena dengan menulis lah ( baca : nge-blog ) dunia akan tahu siapa sebenarnya kamu.

 

Tags: #menulis blog mudah

  1. author

    Ramzi5 years ago

    kalau dah terbiasa pasti menulis tidak akan menjadi berat malah jadi hoby yang sangat menyenangkan ni
    nice share mas bro dan mari sebar ilmu melalui ngeblog

    Reply

Leave a reply "Nge-Blog lah dunia akan tahu siapa kamu!"

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.
    No related post!