Pertimbangankan Ini, Sebelum Membeli Smartphone Android

156 views

Pertimbangankan Ini, Sebelum Membeli Smartphone Android  – Sebelum membeli smartphone android sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin penting yang harus dijadikan acuan. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Makanya, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek penting yang terdapat pada smartphone android yang hendak dibeli. Anda perlu cermat melihat kekurangan dan kelebihan sebuah smartphone. Dan tidak lupa juga membandingkan dengan smartphone lainya yang sekelas, atau merk lain.

Cara-Instal-File-Apk

Pertimbangan yang komprehensif dan matang tentu akan menghasilkan keputusan yang bagus. Artinya, Anda telah benar-benar memilih smartphone android dengan pertimbangan yang baik, sehingga tidak ada penyesalan di belakang hari.

Lalu, pertimbangan apakah yang harus Anda lakukan ?. Berikut ini kami sampaikan beberapa poin penting yang harus secara serius diperhatikan sebelum berbelanja smartphone android :

1. Central Processing Unit (CPU) dan RAM

Seperti halnya perangkat komputer yang menggunakan CPU sebagai “otaknya”, maka smartphone android pun demikian. Anda mesti memilih smartphone android yang sudah dibekali dengan CPU yang tinggi, seperti dual-core. Karena, ini akan sangat mempengaruhi performa smartphone tersebut.

Random Acces Memory (RAM) juga memiliki peranan yang tak kalah penting. Semakin tinggi RAM, maka akan semakin bagus kinerja smartphone android. Karena RAM berfungsi mengatus keseimbangan kerja smartphone android saat melakukan kerja “multitasking“. Smartphone android yang bagus paling tidak harus memiliki RAM 1 GB.

2. General Processing Unit (GPU)

GPU memiliki fungsi grafis, untuk menghasilkan tampilan grafis yang bagus maka smartphone android harus didukung dengan GPU yang memiliki spesifikasi besar. Untuk menampilkan gambar 3D dengan kualitas HD yang baik, dan halus pada smartphone android, mutlak dibutuhkan GPU yang baik pula.

3. Layar Dispaly

Perhatikan tampilan layar. Tak sekedar lebar, namun juga mesti memiliki kualitas tampilan yang bagus. Teknologi minimal yang digunakan adalah IPS ( in Plane Switches ) dengan warna minimal 16 juta, dan mendukung kemampuan multitouch.

4. Kualitas Kamera

Tak kalah penting, kamera juga menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Keberadaan kamera depan, dan belakang belum lah cukup kalau tidak didukung dengan resolusi yang tinggi. Sebaiknya kamera belakang memiliki resolusi minimal 5MP, dan kamera depan 2MP. Adanya kamera depan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya sebagai kamera selfie.

5. Konektivitas dan Jaringan

Smartphone android banyak digunakan untuk mengakses internet. Untuk itu, harus memiliki jaringan yang baik, minimal sudah mendukung jaringan 3G, lebih bagus lagi jika sudah menjangkau jaringan LTE. Dalam hal konektivitas harus memiliki fitur standart, Wi Fi, port USB, dan bluetooth.

6. Baterai

Karena smartphone android biasa digunakan untuk aktifitas yang multitasking, tentu akan sangat menguras daya baterai. Sehingga, dibutuhkan daya baterai yang cukup besar supaya bisa tahan lama. Nah, sebaiknya Anda memilih smartphone android yang dibekali dengan daya baterai minimal 2000 mAh.

7. Merek

Tak kalah penting adalah Anda mesti memperhatikan merek smartphone android. Dari merek Anda sudah bisa melihat kualitas smartphone. Karena pengalaman pengguna dengan merek tertentu, seperti Samsung tentu sudah memberikan jaminan kepuasan pemakainya.

Demikianlah beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone android. Semoga tulisan ringkas ini sedikit membantu dan memberikan referensi menarik buat Anda.

Comments are closed.

Author: 
    author
    Admin dan dan kontributor utama masnazar.com. Peminat masalah teknologi, gadget, dan aplikasi Android. Aku hanya ingin berbagi pengalaman, dan saling membantu. Semoga bisa memberi banyak manfaat untuk sesama...salam.